Wednesday 28 March 2012

Tekstil dan Pakaian Part. 2

 Menenun bagi beberapa orang dikatakan sebagai klimaks dari perkembangan industri tekstil. Menenun adalah kegiatan dan juga merupakan seni yang dipraktikkan oleh hampir semua suku tradisional. Praktis secara umum setiap kebudayaan mengenal proses dan teknik menenun. Pada awalnya seni ini digunakan untuk membuat tikar maupun keranjang, kemudian seni ini diterapkan pada benang. Pada dasarnya menenun hampir sama dengan mengayam hanya saja medium yang digunakan adalah benang.

Gb.1 Wanita suku Pueblo menenun untuk pembuatan ikat pinggang

Pada awalnya, kegiatan menenun dilakukan dengan mengikatkan beberapa benang ke pengait kemudian benang isian dimasukkan secara berselang-seling, mirip proses mengayam. Lalu isian yang sudah diselang-seling tadi dirapatkan. Proses menenun di masa-masa awal ini bisa memakan banyak waktu karena banyaknya lajur benang yang harus diselang-seling.

Heddles

Perkembangan selanjutnya dari teknik menenun adalah ditemukannya alat yang mampu memisahkan lajur benang naik dan turun sehingga proses menyelang-nyelingkan benang isian dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Alat ini dinamakan Heald atau Heddles. Heddles berbentuk mirip sisir yang memiliki rongga yang lebarnya sama persis dengan jarak antara benang yang terkait ke pengait. Pada salah satu rongga terdapat penahan yang akan mengangkat benang ke atas saat Heddles dinaikkan.

Gb.2 Heddles di masa awal teknologi tenun


No comments:

Post a Comment