Friday 27 April 2012

Nama dan Jenis Kain

Tekstil biasanya dinamakan dengan nama tempat tekstil itu pertama kali diiproduksi, nama penemu tekstil tersebut, dan proses pembuatan tekstil tersebut. Banyak nama tekstil yang berubah sejak zaman pertengahan hingga sekarang. Kain Buckram pada awalnya disebut kain Bokkara karena memang kain jenis ini pada awalnya pertama kali dibuat di Bokkara. Di zaman pertengahan kain ini termasuk jenis kain mewah dan mahal yang digunakan untuk dekorasi maupun bendera hingga gaun.

Fustian, sejenis corduray atau velveteen, pertama kali dibuat di daerah Fustat di Mesir. Kain ini dibuat dengan mencampurkan kain sutera dengan kapas. Kain jenis ini pada zaman pertengahan banyak dipakai oleh kesatria di Eropa.

Kain yang dulu sempat terkenal di Perancis dan pertama kali dibuat di kota Mustrevilliers dinamakan kain mustyrd devells.

China merupakan bangsa pertama yang membuat kain sutra yang berpola. India, Persia, Syria, dan Bizantium selanjutnya mempelajari teknik tersebut dari bangsa China. Kain tersebut disebut diaspron yang pada zaman itu memiliki arti pola.

Bandekin, jenis kain mewah, berasal dari Bagdad. Kain Calico dinamakan dari nama kota yang pertama kali memproduksi kain tersebut yaitu di Calcutta, India.

Gb.1 Kain Fustian

Gb.2 Kain Buckram


No comments:

Post a Comment